Sabtu, 01 Februari 2020

Silabus Pendidikan Pancasila dan Anti Korupsi




YAYASAN PENDIDIKAN AULIAURRASYIDIN

No. Dokumen
:
PAI-FP-AKD-01
STAI AULIAURRASYIDIN
FORM
Tgl. Terbit
:

Prodi PAI
PERKULIAHAN
No. Revisi:
:

Jl. Gerilya Parit 6 Tembilahan 29213 Indonesia

Hal
:
…/…
SILABI


Matakuliah                              :  Pendidikan Pancasila dan Anti Korupsi
Bobot Matakuliah                   :  2  SKS
Jurusan                                    :  Tarbiyah
Program Studi                         :  PGMI
Semester/Tahun Akademik     :  1 (Satu)/ 2018/2019
Dosen Pengampu                    :  Abdul Rasyid, S.Pd.I., M.Pd.I
Capaian Pembelajaran             :  Mahasiswa/i memiliki pemahaman dan penerapan  ilmu pengetahuan Pendidikan Pancasila dan Anti Korupsi dalam berbagai  kehidupan.
Learning Outcome   :
1.        Kontrak perkuliahan
2.        Memahami Pendidikan Pancasila, Landasan dan Tujuan pendidikan Pancasila
3.        Memahami Pancasila dalam Kajian Sejarah Bangsa Indonesia
4.        Memahami Pancasila sebagai Sistem Filsafat
5.        Memahami Pancasila sebagai Ideologi bangsa
6.        Memahami Pancasila sebagai Dasar hukum Negara
7.        Memahami Pancasila sebagai Sistem Etika
8.        Memahami Nilai-Nilai Pancasila
9.        Memahami Pancasila sebagai Dasar Nilai Pengembangan Ilmu
10.    Memahami Pendidikan anti Korupsi
11.    Memahami Niai dan Prinsip Anti Korupsi
12.    Memahami Pemberantasan Korupsi
13.    Memahami Tindak pidana korupsi
14.    Memahami Mahasiswa dalam Gerakan Anti Korupsi

Indikator :             Setelah menyelesaikan seluruh materi perkuliahan diharapkan mahasiswa memiliki kemampuan:
1.      Kontrak perkuliahan
2.      Menjelaskan Pancasila dalam Kajian Sejarah Bangsa Indonesia
3.      Menjelaskan Pendidikan pancasila, landasan dan tujuan pendidikan pancasiala
4.      Menjelaskan Pancasila sebagai Sistem Filsafat
5.      Menjelaskan Pancasila sebagai Ideologi bangsa
6.      Menjelaskan Pancasila sebagai Dasar hukum Negara
7.      Menjelaskan Pancasila sebagai Sistem Etika
8.      Menjelaskan Nilai-Nilai Pancasila
9.      Menjelaskan Pancasila sebagai Dasar Nilai Pengembangan Ilmu
10.  Menjelaskan Pendidikan anti Korupsi
11.  Menjelaskan Nilai dan Prinsip Anti Korupsi
12.  Menjelaskan Pemberantasan Korupsi
13.  Menjelaskan Tindak pidana korupsi
14.  Menjelaskan Mahasiswa dalam Gerakan Anti Korupsi

Deskripsi
Matakuliah:              Mata kuliah pendidikan pancasila dan anti korupsi merupakan mata kuliah yang harus diikuti oleh seluruh mahasiswa jurusan pendidikan guru Agama Islam (PAI) sekolah tinggi Agama Islam (STAI) Auliaurrasyidin Tembilahan. Mata kuliah ini akan mengantarkan mahasiswa memiliki kemampuan dan pemahaman yang akan dibahas tentang hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan pancasila dan anti korupsi.  Pembahasan dalam materi ini meliputi:  Pendidikan pancasila, landasan dan tujuan pendidikan pancasila, Pancasila dalam Kajian Sejarah Bangsa Indonesia, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Ideologi bangsa, Pancasila sebagai Dasar hukum Negara, Pancasila sebagai Sistem Etika, Nilai-Nilai Pancasila, Pancasila sebagai Dasar Nilai Pengembangan Ilmu, Pendidikan anti Korupsi, Nilai dan Prinsip Anti Korupsi, Pemberantasan Korupsi, Tindak pidana korupsi, Mahasiswa dalam Gerakan Anti Korupsi.

Bahan Kajian           :
1.      Kontrak perkuliahan
2.      Pancasila dalam Kajian Sejarah Bangsa Indonesia
3.      Pendidikan pancasila, landasan dan tujuan pendidikan pancasila
4.      Pancasila sebagai Sistem Filsafat
5.      Pancasila sebagai Ideologi bangsa
6.      Pancasila sebagai Dasar hukum Negara
7.      Pancasila sebagai Sistem Etika
8.      Nilai-Nilai Pancasila
9.      Pancasila sebagai Dasar Nilai Pengembangan Ilmu
10.  Pendidikan anti Korupsi
11.  Nilai dan Prinsip Anti Korupsi
12.  Pemberantasan Korupsi
13.  Tindak pidana korupsi
14.  Mahasiswa dalam Gerakan Anti Korupsi

Metode
Pembelajaran            : 
1.         Ceramah/ Lecture Method
2.         Diskusi/ Small Group Discussion
3.         Belajar Penemuan/ Discovery Learning
4.         Pembelajaran Berbasis Proyek/ Project Based Learning
5.         Tanya Jawab
6.         Variasi
                                               
Penilaian                   :      Penilaian dilakukan oleh dosen dengan menggunakan kriteria sebagai berikut:

                        Interval Skor Nilai Angka (Skala 100)
Nilai
Poin
Range
A
4
80-100
B
3
70-79
C
2
60-69
D
1
50-59
E
0
00-49

Dalam melakukan penilaian akan dilakukan pembobotan sebagai berikut:
a.         KIN   (kinerja mahasiswa dalam perkuliahan     15%
b.        TTM  (Tugas terstruktur dan tugas mandiri        30%
c.         UTS  (Ujian tengah semester                              20%
d.        UAS  (Ujuan akhir semester                               35%

Buku/Bahan Sumber.
1.      Adwirman. 2014. Pendidikan dan Budaya Antikorupsi (PBAK) Sehat Tanpa Korupsi, Jakarta: Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tenaga Kesehatan
2.      Ahmad Zubaidi dan Kaelan. 2007. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Paradigm
3.      Agus wibowo. 2013.  Pendidikan Anti Korupsi di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
4.      Kansil Cristine. 2003. Pancasila dan Undang-undang Dasar. Jakarta: PT. Pradnya Pramitra
5.      Kemendikbud. 2011. Pendidikan Anti Korupsi untuk Perguruan Tinggi Jakarta : Kemendikbud
6.      Moh. Kusnardi, dkk,  1976. Hukum Tata Negara Indonesia, Jakarta : Pusat Studi Hukum Tata Negara Fakultas Hukum universitas Indonesia
7.      Pipin Syarifin, 2004. Hukum Pidana, Bandung: Pustaka Setia
8.      Sri Soeprapto, dkk. 2003. Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: Tim Fakultas Filsafat UGM
9.      Sukadi. 2007. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Acarya Media Utama
10.  Tim Penulis Buku Pendidikan Antikorupsi. 2011. Pendidikan Antikorupsi untuk Perguruan Tinggi,  Jakarta: Kementerian Pendidikan  dan Kebudayaan  RI
11.  Tukiran Taniredja Dkk, 2012. Pendidikan Pancasila. Bandung, Alfabeta
12.  Khoiri, Mishad. 2013. Pendidikan Anti Korupsi.  http://kualitaindonesia.blogspot.com/2012/03/pendidikan-antikorupsi.html
13.  Razib, Rizal. 2013. Peran Pemuda dalam Pemberantasan Korupsi di Indonesia; Internalisasi Tiga Ajaran Ki Hajar Dewantara. http://rizalrazib.blogspot.com/2011/11/peran-pemuda-dalampemberantasan.html



Mengetahui;                                                                            Tembilahan,    Desember 2018
Ketua Program Studi PGMI                                                   Dosen Pengampu Matakuliah,



Dr. Masriani, M.Pd.I                                                               Abdul Rasyid, M.Pd.I.
NIDN. 2124127401                                                                NIDN.2113038503

Tidak ada komentar:

Posting Komentar