YAYASAN
PENDIDIKAN AULIAURRASYIDIN
|
No. Dokumen
|
:
|
PGMI-FP-AKD-01
|
||
STAI
AULIAURRASYIDIN
|
FORM
|
Tgl. Terbit
|
:
|
||
Prodi
PGMI
|
PERKULIAHAN
|
No. Revisi:
|
:
|
||
Jl. Gerilya Parit
6 Tembilahan 29213 Indonesia
|
Hal
|
:
|
…/…
|
||
SILABI
|
Matakuliah : Desain
Pembelajaran MI/SD
Kode Matakuliah :
Bobot Matakuliah : 3 SKS
Jurusan : Tarbiyah
Program Studi : MI/SD
Semester/Tahun Akademik : III (Tiga)/ 2019/2020.
Matakuliah Prasyarat :
Dosen Pengampu : Abdul
Rasyid, S.Pd.I., M.Pd.I
Standar Kompetensi : Mahasiswa
memiliki pemahaman tentang filosofis
dan operasional ilmu Desain Pembelajaran MI/SD.
Kompetensi Dasar :
1.
Kontrak
Perkuliahan
2.
Desain Pembelajaran MI/SD
3.
Merumuskan Rencana Pembelajaran MI/SD
4.
Desain Tujuan Pembelajaran MI/SD
5.
Desain Materi Pembelajaran MI/SD
6.
Penyusunan Silabus Mata Pelajaran MI/SD
7.
Desain Media Pembelajaran MI/SD
8.
Desain Strategi/Model Pembelajaran
MI/SD
9.
Mengevaluasi Hasil Belajar Siswa
10. Konstruksi Butir Soal
dalam Pembelajaran MI/SD
11. Kemajuan dan Hambatan dalam Proses Pembelajaran MI/SD
12. Tehnik Mengatasi Persoalan dalam Proses Pembelajaran MI/SD
13. Penciptaan Suasana Religious Di Sekolah/ Madrasah/ Perguruan Tinggi
14. Pengembangan Keprofesionalan Guru
Indikator : Setelah menyelesaikan seluruh materi perkuliahan diharapkan mahasiswa
memiliki kemampuan
1. Menjelaskan Pengertian, merancang
pembelajaran MI/SD
2. Menjelaskan tujuan, merancang
pembelajaran MI/SD
3. Menjelaskan langkah-langkah
merancang pembelajaran MI/SD
4. Menjelaskan Pendekatan
Sistem dalam Pengembangan Pembelajaran MI/SD
5.
Menjelaskan
Syarat Perancang Pembelajaran MI/SD
6.
Menjelaskan
Desain Pembelajaran MI/SD
7.
Menjelaskan
Pengertian Desain Pembelajaran MI/SD
8.
Mendeskripsikan
Pentingnya desain pembelajaran MI/SD
9.
Menjelaskan
Langkah-langkah dalam Mendesain Pembelajaran
10. Menjelaskan
Fungsi Implementasi Desain Pembelajaran MI/SD
11.
Menjelaskan
Pengertian Merumuskan Rencana
Pembelajaran MI/SD
12.
Mendeskripsikan
Dasar Perlunya Perencanaan Pembelajaran MI/SD
13.
Menjelaskan
Fungsi Perencanaan Pembelajaran
14.
Menjelaskan Prinsip-prinsip Perencanaan
15.
Menjelaskan
Kreteria Penyusunan Perencanaan Pembelajaran
16.
Menjelaskan
Prinsip-Prinsip Umum Tentang Mengajar
17.
Menjelaskan
Desain Tujuan Pembelajaran MI/SD
18.
Menjelaskan
Pengertian Tujuan Pembelajaran MI/SD
19.
Menjelaskan Fungsi Tujuan Pembelajaran
20.
Menjelaskan Hierarki Tujuan Pendidikan yang Ada Di Indonesia
21.
Mendeskripsikan Taksonomi Tujuan Pembelajaran
22.
Mendeskripsikan
Kegunaan/perlunya Merumuskan Tujuan Pembelajaran MI/SD
23.
Menjelaskan
Desain Materi Pembelajaran MI/SD
24.
Mendeskripsikan
Langkah-langkah Standar Kopetensi Pembelajaran MI/SD
25.
Mendeskripsikan
langkah-langkah Kopetensi Dasar Pembelajaran MI/SD
26.
Mendeskripsikan
langkah-langkah Indikator Pembelajaran MI/SD
27.
Menjelaskan
Standar Kopetensi, Sesuai
dengan Materi MI/SD
28.
Menjelaskan
Kopetensi Dasar, Sesuai dengan Materi MI/SD
29.
Menjelaskan
Idikator Sesuai dengan Materi MI/SD
30.
Mendeskripsikan
Pengertian RPP
31.
Menyebutkan
Komponen RPP
32.
Menjelaskan
Landasan Pengembangan RPP
33.
Menjelaskan
Fungsi Membuat RPP
34.
Menjelaskan
Langkah-langkah Penyusunan Program Pembelajaran
35.
Menjelaskan
Contoh RPP Kurikulum 2013
36.
Menjelaskan
Penyusunan Silabus Mata Pelajaran MI/SD
37.
Menjelaskan Prinsip-
Prinsip Pengembangan Silabus
38.
Menjelaskan Langkah-
Langkah Pengembangan Silabus
39.
Menjelaskan
Komponen Silabus Mata Pelajaran MI/SD
40.
Menyajikan
Format Penyajian Silabus
41.
Menjelaskan
Model-model
Penyajian Silabus Mata
Pelajaran MI/SD
42.
Menjelaskan Desain Media Pembelajaran MI/SD
43.
Menjelaskan
Pengertian Media dalam Pembelajaran MI/SD
44.
Menjelaskan
Manfaat Media Pembelajaran MI/SD
45.
Menjelaskan
Macam-macam Media dalam Pembelajaran
46.
Menjelaskan
Cara Menggunakan Media dalam Pembelajaran
47.
Menjelaskan
Kelebihan dan Kekurangan Media Pembelajaran
48.
Menjelaskan Desain Strategi/model Pembelajaran MI/SD
49.
Menjelaskan
Pengertian Hakikat mengajar
50.
Mendeskripsikan
Kompetensi Yang
Harus Dimiliki Guru MI/SD
51.
Menjelaskan
Komponen Pembelajaran
52.
Menjelaskan
Teori-teori dalam Belajar
53.
Menjelaskan
Strategi Belajar Aktif dalam Pembelajaran
54.
Menjelaskan
Strategi Kreatif dalam Pembelajaran
55.
Menjelaskan
Strategi Inovatif dalam Pembelajaran
56.
Menjelaskan
Strategi Menyenangkan dalam Pembelajaran
57.
Menjelaskan
Landasan Strategi Belajar PAIKEM
58.
Menjelaskan
Prinsip-prinsip PAIKEM dalam Pembelajaran
59.
Menjelaskan
Penerapan Strategi Pembelajaran PAIKEM
60.
Menjelaskan Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dalam Melaksanakan
PAIKEM
61.
Menjelaskan
Evaluasi Hasil Belajar Siswa
62.
Menjelaskan
Pengertian Evaluasi Hasil Belajar Siswa
63.
Menjelaskan
Model-model Evaluasi Pembelajaran MI/SD
64.
Mendeskripsikan
Konstruksi Butir Soal dalam Pembelajaran MI/SD
65.
Mendeskripsikan Maksud
Analisis Butir Soal Yang Baik
66. Menjelaskan Jenis-jenis Soal dalam Pembelajaran
67. Menjelaskan Kelebihan
Macam Butir Soal dalam Pembelajaran
68. Menjelaskan Kekurangannya
Macam Butir Soal dalam Pembelajaran
69.
Menjelaskan
Apa Yang Dimaksud Tes Sebagai Alat Penilaian Belajar
70.
Menjelaskan
Kegunaan Hasil Analisis Butir Soal
71.
Menjelaskan
Kemajuan dalam Proses Pembelajaran MI/SD
72.
Menjelaskan
Hambatan dalam Proses Pembelajaran MI/SD
73.
Menjelaskan
Pendidikan Agama Islam dalam Sorotan
74.
Menjelaskan
Berbagai Kritik Terhadap Pendidikan Agama Islam
75.
Menjelaskan
Peran Guru Pendidikan Agama Islam
76.
Menjelaskan
Tehnik Mengatasi Persoalan dalam Proses Pembelajaran MI/SD
77. Mendeskripsikan Pengertian Belajar
78. Menjelaskan Beberapa Masalah dalam Belajar
79. Menjelaskan Faktor Yang Menyebabkan Terjadinya Masalah
Belajar
80. Menjelaskan Pendekatan-pendekatan dalam Pembelajaran
81.
Menjelaskan
Penciptaan Suasana Religious di Sekolah/ Madrasah/
Perguruan Tinggi
82.
Menjelaskan
Pentingnya Suasana Religious di Sekolah/Perguruan Tinggi
83.
Menjelaskan
Operasionalnya di Sekolah/ Madrasah/ Di Perguruan Tinggi
84.
Menjelaskan
Beberapa Sikap Religius Manusia
85.
Mendeskripsikan
Urgensi Penciptaan Suasana Religius Di Sekolah
86.
Menjelaskan
Model-model Penciptaan Suasana Religius Di Sekolah
87.
Menjelaskan
Posisi
Penciptaan Suasana Religius
88.
Menjelaskan
Urgensi Penciptaan Suasana Religius Di Sekolah/Perguruan
Tinggi
89.
Menjelaskan
Keprofesionalan Guru
90.
Mendeskripsikan
Pengertian Guru Menurut UUD NO 14 Tahun 2005 Pasal 1 Bab 1
91.
Mendeskripsikan
Pengertian Keprofesionalan Guru Menurut UU Tahun 2005 Ayat 4 Bab 1 pasal 1
92.
Menjelaskan
Prinsip Profesional Guru
93.
Menjelaskan
Standar Kompetensi Guru dan Guru MI/SD
94.
Menjelaskan
Hak dan Kewajiban Guru
95.
Menjelaskan
Kode Etik Keguruan
Deskripsi
Matakuliah : Mata kuliah Desain
Pembelajaran MI/SD merupakan mata kuliah yang harus diikuti oleh seluruh
mahasiswa jurusan pendidikan Guru
Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) sekolah tinggi Agama Islam (STAI)
Auliaurrasyidin Tembilahan. Materi yang dibahas adalah mengenai hal-hal yang
berkaitan dengan mendesain
pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Pembahasan dalam materi ini meliputi:
Desain pembelajaran MI/SD, Merumuskan rencana pembelajaran, mendesain tujuan pembelajaran
MI/SD, mendesain materi
pembelajaran MI/SD, menyusun silabus mata pelajaran, mendesain media pembelajaran MI/SD, mendesain strategi/model
pembelajaran MI/SD, mengevaluasi
hasil belajar siswa, mengkonstruksi butir soal dalam pembelajaran, menganalisis kemajuan dan hambatan dalam proses
pembelajaran MI/SD, tehnik-tehnik mengatasi persoalan dalam proses pembelajaran, menganalisis penciptaan suasana
religious di sekolaah/ madrasah/ perguruan tinggi, dan pengembangan profesionalisme guru.
Materi Pokok Perkuliahan :
15. Desain Pembelajaran MI/SD
-
Pengertian desain pembelajaran MI/SD
-
Pentingnya desain pembelajaran MI/SD
-
Langkah-langkah dalam mendesain
pembelajaran
16. Merumuskan Rencana Pembelajaran MI/SD
-
Pengertian dan
konsep merumuskan rencana pembelajaran MI/SD
-
Dasar perlunya perencanaan
pembelajaran MI/SD
-
Manfaat dan fungsi perencanaan
pembelajaran
-
Kreteria penyusunan
perencanaan pembelajaran
-
Prinsip-Prinsip Umum Tentang
Mengajar
17. Desain Tujuan Pembelajaran MI/SD
-
Pengertian tujuan pembelajaran MI/SD
-
Fungsi tujuan pembelajaran
-
Hierarki Tujuan Pendidikan yang ada di Indonesia
-
Taksonomi Tujuan Pembelajaran
-
Kegunaan/perlunya merumuskan
tujuan pembelajaran MI/SD
18. Desain Materi Pembelajaran MI/SD
-
Langkah-langkah
Standar kopetensi, Kopetensi dasar, dan Idikator pembelajaran MI/SD
-
Membuat Standar kopetensi, Kopetensi dasar, dan Idikator sesuai dengan materi MI/SD
-
Membuat RPP mata pelajaran MI/SD
19. Penyusunan Silabus Mata Pelajaran MI/SD
-
Prinsip-
Prinsip Pengembangan Silabus
-
Langkah-
Langkah Pengembangan Silabus
-
Komponen silabus mata pelajaran MI/SD
-
Format penyajian silabus
-
Model-model penyajian silabus mata pelajaran MI/SD
20. Desain Media Pembelajaran MI/SD
-
Pengertian media dalam
pembelajaran MI/SD
-
Manfaat media pembelajaran MI/SD
-
Macam-macam media dalam
pembelajaran dan cara menggunakan
21. Desain Strategi/Model Pembelajaran MI/SD
-
Pengertian
Hakikat mengajar
-
Kompetensi Yang Harus Dimiliki Guru MI/SD
-
Komponen
pembelajaran
-
Teori-teori
dalam belajar
-
Strategi Belajar Aktif Kreatif
Inovatif dan Menyenangkan (MI/SDKEM)
dalam pembelajaran
-
Landasan strategi
belajar MI/SDKEM
-
Prinsip-prinsip
MI/SDKEM dalam pembelajaran
-
Penerapan strategi
pembelajaran MI/SDKEM
-
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam melaksanakan MI/SDKEM
22. Mengevaluasi Hasil Belajar Siswa
-
Pengertian evaluasi hasil belajar
siswa
-
Model-model evaluasi pembelajaran MI/SD
23. Konstruksi Butir Soal dalam
Pembelajaran MI/SD
-
Maksud
analisis butir soal yang baik
-
Jenis-jenis soal dan kelebihan dan
kekurangannya
-
Apa yang dimaksud tes sebagai alat
penilaian belajar
-
Kegunaan Hasil Analisis Butir Soal
24. Kemajuan dan Hambatan dalam Proses Pembelajaran MI/SD
-
Pendidikan agama islam dalam
sorotan
-
Berbagai kritik terhadap Pendidikan Agama Islam
-
Peran guru Pendidikan Agama Islam
25. Tehnik Mengatasi Persoalan dalam Proses Pembelajaran MI/SD
-
Pengertian Belajar
-
Beberapa masalah dalam belajar
-
Faktor yang menyebabkan terjadinya masalah
belajar
-
Pendekatan-pendekatan
dalam pembelajaran
26. Penciptaan Suasana Religious Di Sekolah/ Madrasah/ Perguruan Tinggi
-
Pentingnya suasana religious di
sekolah/perguruan tinggi
-
Operasionalnya di sekolah/
madrasah/ diperguruan tinggi
-
Beberapa Sikap religius Manusia
-
Urgensi penciptaan suasana
religius disekolah
-
Model-model penciptaan suasana
religius disekolah
-
Posisi penciptaan suasana religius
-
Urgensi penciptaan suasana religius
di sekolah/perguruan tinggi
27. Pengembangan Keprofesionalan Guru
-
Pengertian
guru menuurut UUD No 14 Tahun 2005 Pasal 1 BAB 1
-
Pengertian
keprofesionalan guru menurut UU Tahun 2005 Ayat 4 BAB 1 Pasal 1
-
Prinsip profesional
guru
-
Standar kompetensi
guru dan guru MI/SD
-
Hak dan
kewajiban guru
-
Kode etik
keguruan
Pendekatan
Pembelajaran : 1. Ceramah
2. Diskusi
3. Tanya Jawab
4. Book Riview
Penilaian :
1.
Penilaian dilakukan oleh dosen dengan
menggunakan kriteria sebagai berikut:
Interval Skor Nilai Angka (Skala 100)
Nilai
|
Poin
|
Range
|
A
|
4
|
80-100
|
B
|
3
|
70-79
|
C
|
2
|
60-69
|
D
|
1
|
50-59
|
E
|
0
|
00-49
|
2.
Dalam melakukan penilaian akan
dilakukan pembobotan sebagai berikut:
a.
KIN (kinerja mahasiswa dalam
perkuliahan 15%
b.
TTM (Tugas terstruktur dan tugas
mandiri 30%
c.
UTS (Ujian tengah semester 20%
d.
UAS (Ujuan akhir semester 35%
Buku/Bahan Sumber.
Wajib:
Abdul
Majid, Perencana Pembalajaran,Bandung :PT Remaja Rosdakarya Offset, 2009
-----------------Belajar
Dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam,(Bandung : PT
Remaja RosdaKarya, 2012)
-----------------&
Dian Andayani, (2004) Pendidikan Agama Islam Besbasis Kompetensi konsep dan
Implementasi Kurikulum. 2004, Bandung: Rosda Karya.
Abuddin Nata. Perspektif Islam Tentang Strategi
Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
2009
Ali Imran. ManajemenPesertaDidikBerbasisSekolah.
Jakarat: BumiAksara. 2012
Anas Sudijono, Pengantar
Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2005.
Asep
Herry Hernawan, dkk. Pengembangan
Kurikulum dan Pembela-jaran. Pusat Penerbitan Universitas Terbuka Departemen
Pendidikan Nasional. Jakarta. 2003
---------------Pengembangan Silabus dan Satuan Pembelajaran. Ma-kalah Pelatihan Pengembangan Kurikulum bagi Guru. Bandung. 2006
Azhar Arsyad, Media
pembelajaran, Jakarta, PT Raja Grafindo Persada: 2012
Bermawi Munte, Desain
Evaluasi Pembelajaran, Yogyakarta: Pustaka insan madani, 2009.
Budiman.
Etika Profesi Guru. Yogyakarta: MENTARI PUSTAKA. 2012
Cece
Wijaya dan Tabrani Rusyan, Kemampuan
Dasar Guru Dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung:Remaja Rosdakarya, 1991.
Chabib Thoha. Teknik Evaluasi
Penilaian. Jakarta: Rajawali. 1991
Dadang Sunandar, Iskandar Wassid, Strategi
Pembelajaran Bahasa, Bandung: PT Reaja Rosda Karya, 2011
Daryanto,
Media Pembelaran , Yogyakarta, PT Gava Media: 2010
-----------Media Pembelajaran Peran Sangat
Penting Dalam MencaMI/SD Tujuan Pembelajaran . yokyakarta: Gava Media, 2010
Departemen
Pendidikan Nasional. Contoh Silabus Berdiversifikasi dan Penilaian Berbasis Kelas Sekolah
Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta. 2003.
Departemen
Pendidikan Nasional. Pedoman Umum
Pengembangan Silabus Berbasis Kom-petensi. Ditjen Dikdasmen. Jakarta. 2004.
Dewi Salma Dimyati, dkk., Belajar
dan Pembelajaran, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2002
Dick
dan Cerrey. Perencanaan Pembelajaran,
2008
Djamarah, Syaiful Bahri danAswan Zain, Strategi Belajar
Mengajar. 2006.
Jakarta: Rineka Cipta.
Prawiradilaga. Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta:Kencana Prenada, 2007.
Endang
Mulyatiningsih, Pembelajaran Aktif,
Kreatif, Inovatif, Efektif, dan Menyenangkan. Depok : Direktorat jendral
peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan, 2010.
E
Mulyasa, Implementasi Kurikulum, cet. 1 (Bandung: PT Remaja
Rosdakarya,2006)
-------------Kurikulum yang Menyempurnakan,
Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2006.
-------------Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2008.
-------------Kurikulum
Berbasis Kompetensi. Bandung : Remaja RosdaKarya. 2008.
-------------Menjadi
Guru Professional Menciptakan Penbelajaran Kreatif Dan Menyenangkan. Rosda. 2007.
Fred Percival dan Henry Ellington.,
A Hand Book of Educational Technology, Edisi ke I, 1984
Hartono, Dkk, MI/SDkem, Pekanbaru Riau: Zanafa, 2009
Harynto,warsono,
Pembelajaran Aktif, Surabaya: PT Remaja Rosdakarya, 2012
Hamzah
B uno, dkk, Desain Pembelajaran, Bandung:Publishing, 2010
-------------. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2009.
-------------Mohammad
Nurdin, Belajar dengan Pendekatan MI/SDLKEM, Jakarta: Bumi Aksara, 2013.
Hizam
zaini dkk, Desain Pembelajaran Di
Perguruan Tinggi, yogyakarta :
IAIN sunan kali jaga, 2002.
Ismatu
Ropi dkk, Buku Pengayaan Mata Pelajaran
Pendidikan Agama Islam di SMP dan SMA, Jakarta: Kencana Prenada Media
Group, 2012.
Jauharoti Alfin, Rabiatul Adawiyah ,Yuentie
Sova Puspidalia, dkk, Pembelajaran Bahasa Indonesia MI, Surabaya: LAPIS-PGMI, 2009.
Jensen,
Eric, Brain-Based Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar,2008.
Jerold E., Kemp. Ed. D. Instructional
Design, A Plan for Unit and Course Development, Edisi ke II. Th. 1977
Muhaimin. Paradigma
Pendidikan Islam: PT Remaja Rosda Karya 2001
--------------Pengembangan
Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jakarta:RAJA GRAFINDO PERSADA. 2010
--------------Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah,
Madrasah, dan Perguruan Tinggi. Jakarta: PT
RAJAGRAFINDO PERSADA. 2007.
Muhaimin,
dkk, Strategi Belajar Mengajar Penerapannya dalam Pembelajaran Pendidikan
Agama, Surabaya: Citra Media, 1996;
----------dkk. Pengembangan
Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Pada Sekolah & Madrasah,
Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. 2008
Muhammad
Yaumi, Prinsip-prinsip Desain Pembelajaran, Jakarta : Kencana
Prenadamedia Group, 2011.
Moh.
Murtadho, dkk, Pengembangan PKN MI, Surabaya: Lapis- PGMI, 2009.
Nana Sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar
Mengajar, (PT Remaja Rosdakarya,Bandung) 2006.
Nasution, “Berbagai Pendekatan dalam Proses
Belajar dan Mengajar“ Jakarta: Bumi Aksar, 2000.
Nurkancana,
Wayan. Sumartana. Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional,1983.
Ngalim Purwanto. Prinsip-prinsip
dan teknik Evaluasi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.
Oemar Hamalik. Teknik
Pengukuran dan Evaluasi Pendidikan. Bandung: Mandar Maju, 1989.
Pupuh Fathurrohman
dan Sobry Sutikno “Strategi Belajar
Mengajar” cet 4 Jakarta: Rafika Aditama, 2004.
Reigeluth. Perencanaan
Pembelajaran. Jakarta: Kencana. 1983.
Robert F. Mager, Preparing
Instructional Objectives, Edisi II,1975.
Sadiman, Arief S.dkk. Media Pendidikan
Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta Rajawali pers, 2009.
Syaiful Bahri Djamarah, Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
Sahlan,
Asmaun, Mewujudkan Budaya Religius di Sekolah: Upaya Mengembangkan MI/SD dari
Teori ke Aksi, Malang: UIN Maliki Press, 2010.
Santi
Maudiarti Dkk, Prinsip Disain Pembelajaran, Jakarta: Kencan, 2007.
Sudiyono,
dkk. (2006), Strategi Pembelajaran
Partisipasi di Perguruan Tinggi. (Malang:UIN Malang Press
Slameto, Belajar
dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: PT. Rineka Cipta, Cet.
Keempat. 2003.
------------Proses
Belajar Mengajar Dalam Sistem kredit semester. Salatiga
: Bumi Aksara. 1990.
Suyadi,
Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.
Suharsimi Arikunto. Dasar-dasar
Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara, 1989.
Sukmadinata, Nana Syaodih. Pengembangan Kurikulum.
Bandung: PT Penerbit Remaja Rosdakarya. 2004.
Trianto,
Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik, Cet- 1 Jakarta: Kencana, 2011.
-----------Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif,Prenada MediaGroup,Jakarta,
2009.
Udin Syaefudin, Inovasi
Pendidikan. Bandung: Alfabeta,
2009.
Wina Sanjaya, Media Komunikasi Pembelajaran: Kencana
Prenamed Group,
Jakarta. 2012.
-------------Perencanaan dan Desain sistem pembelajaran. Jakarta: Prenada Media
Group, 2008.
-----------Strategi Pembelajaran
Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenadamsedia
Group. 2006.
Yaumi
Muhammad, Prinsip-prinsip
Desain Pembelajaran. Jakarta : Kencana, 2013.
Anjuran:
UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Jakarta: Depdiknas.
Mengetahui; Tembilahan, Desember
2019
Ketua
Program Studi PGMI Dosen
Pengampu Matakuliah,
Dr. Masriani, M.Pd.I Abdul
Rasyid, M.Pd.I.
NIDN.2124127401 NUPN. 9921011904
Tidak ada komentar:
Posting Komentar