Sabtu, 01 Februari 2020

Silabus perkuliahan Desain Pembelajaran



 

YAYASAN PENDIDIKAN AULIAURRASYIDIN

No. Dokumen
:
PGMI-FP-AKD-01
STAI AULIAURRASYIDIN
FORM
Tgl. Terbit
:

Prodi PGMI
PERKULIAHAN
No. Revisi:
:

Jl. Gerilya Parit 6 Tembilahan 29213 Indonesia

Hal
:
…/…
SILABI



Matakuliah                              :  Desain Pembelajaran MI/SD
Kode Matakuliah                    : 
Bobot Matakuliah                   :  3  SKS
Jurusan                                    :  Tarbiyah
Program Studi                         :  MI/SD
Semester/Tahun Akademik     :  III (Tiga)/ 2019/2020.
Matakuliah Prasyarat              : 
Dosen Pengampu                    :  Abdul Rasyid, S.Pd.I., M.Pd.I

Standar Kompetensi               :  Mahasiswa memiliki pemahaman tentang filosofis dan operasional ilmu Desain Pembelajaran MI/SD.

Kompetensi Dasar :                
1.      Kontrak Perkuliahan
2.      Desain Pembelajaran MI/SD
3.      Merumuskan Rencana Pembelajaran MI/SD
4.      Desain Tujuan Pembelajaran MI/SD
5.      Desain Materi Pembelajaran MI/SD
6.      Penyusunan Silabus Mata Pelajaran MI/SD
7.      Desain Media Pembelajaran MI/SD
8.      Desain Strategi/Model Pembelajaran MI/SD
9.      Mengevaluasi Hasil Belajar Siswa
10.  Konstruksi Butir Soal dalam Pembelajaran MI/SD
11.  Kemajuan dan Hambatan dalam Proses Pembelajaran MI/SD
12.  Tehnik Mengatasi Persoalan dalam Proses Pembelajaran MI/SD
13.  Penciptaan Suasana Religious Di Sekolah/ Madrasah/ Perguruan Tinggi
14.  Pengembangan Keprofesionalan Guru



Indikator         : Setelah menyelesaikan seluruh materi perkuliahan diharapkan mahasiswa memiliki kemampuan
      

1.      Menjelaskan Pengertian, merancang pembelajaran MI/SD
2.      Menjelaskan tujuan, merancang pembelajaran MI/SD
3.      Menjelaskan langkah-langkah merancang pembelajaran MI/SD
4.      Menjelaskan Pendekatan Sistem dalam Pengembangan Pembelajaran MI/SD
5.      Menjelaskan Syarat Perancang Pembelajaran MI/SD
6.      Menjelaskan Desain Pembelajaran MI/SD
7.      Menjelaskan Pengertian Desain Pembelajaran MI/SD
8.      Mendeskripsikan Pentingnya desain pembelajaran MI/SD
9.      Menjelaskan Langkah-langkah dalam Mendesain Pembelajaran
10.  Menjelaskan Fungsi Implementasi Desain Pembelajaran MI/SD
11.  Menjelaskan Pengertian Merumuskan Rencana Pembelajaran MI/SD
12.  Mendeskripsikan Dasar Perlunya Perencanaan Pembelajaran MI/SD
13.  Menjelaskan Fungsi Perencanaan Pembelajaran
14.  Menjelaskan Prinsip-prinsip Perencanaan
15.  Menjelaskan Kreteria Penyusunan Perencanaan  Pembelajaran
16.  Menjelaskan Prinsip-Prinsip Umum Tentang Mengajar
17.  Menjelaskan Desain Tujuan Pembelajaran MI/SD
18.  Menjelaskan Pengertian Tujuan Pembelajaran MI/SD
19.  Menjelaskan Fungsi Tujuan Pembelajaran
20.  Menjelaskan Hierarki Tujuan Pendidikan yang Ada Di Indonesia
21.  Mendeskripsikan Taksonomi Tujuan Pembelajaran
22.  Mendeskripsikan Kegunaan/perlunya Merumuskan Tujuan Pembelajaran MI/SD
23.  Menjelaskan Desain Materi Pembelajaran MI/SD
24.  Mendeskripsikan Langkah-langkah Standar Kopetensi Pembelajaran MI/SD
25.  Mendeskripsikan langkah-langkah Kopetensi Dasar Pembelajaran MI/SD
26.  Mendeskripsikan langkah-langkah Indikator Pembelajaran MI/SD
27.  Menjelaskan Standar Kopetensi, Sesuai dengan Materi MI/SD
28.  Menjelaskan Kopetensi Dasar, Sesuai dengan Materi MI/SD
29.  Menjelaskan Idikator Sesuai dengan Materi MI/SD
30.   Mendeskripsikan Pengertian RPP
31.  Menyebutkan Komponen RPP
32.  Menjelaskan Landasan Pengembangan RPP
33.  Menjelaskan Fungsi Membuat RPP
34.  Menjelaskan Langkah-langkah Penyusunan Program Pembelajaran
35.  Menjelaskan Contoh RPP Kurikulum 2013
36.  Menjelaskan Penyusunan Silabus Mata Pelajaran MI/SD
37.  Menjelaskan Prinsip- Prinsip Pengembangan Silabus
38.  Menjelaskan Langkah- Langkah Pengembangan Silabus
39.  Menjelaskan Komponen Silabus Mata Pelajaran MI/SD
40.  Menyajikan Format Penyajian Silabus
41.  Menjelaskan Model-model Penyajian Silabus Mata Pelajaran MI/SD
42.  Menjelaskan Desain Media Pembelajaran MI/SD
43.  Menjelaskan Pengertian Media dalam Pembelajaran MI/SD
44.  Menjelaskan Manfaat Media Pembelajaran MI/SD
45.  Menjelaskan Macam-macam Media dalam Pembelajaran
46.  Menjelaskan Cara Menggunakan Media dalam Pembelajaran
47.  Menjelaskan Kelebihan dan Kekurangan Media Pembelajaran
48.  Menjelaskan Desain Strategi/model Pembelajaran MI/SD
49.  Menjelaskan Pengertian Hakikat mengajar
50.  Mendeskripsikan Kompetensi Yang  Harus Dimiliki  Guru MI/SD
51.  Menjelaskan Komponen Pembelajaran
52.  Menjelaskan Teori-teori dalam Belajar
53.  Menjelaskan Strategi Belajar Aktif dalam Pembelajaran
54.  Menjelaskan Strategi Kreatif dalam Pembelajaran
55.  Menjelaskan Strategi Inovatif dalam Pembelajaran
56.  Menjelaskan Strategi Menyenangkan dalam Pembelajaran
57.  Menjelaskan Landasan Strategi Belajar PAIKEM
58.  Menjelaskan Prinsip-prinsip PAIKEM dalam Pembelajaran
59.  Menjelaskan Penerapan Strategi Pembelajaran PAIKEM
60.  Menjelaskan Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dalam Melaksanakan PAIKEM
61.  Menjelaskan Evaluasi Hasil Belajar Siswa
62.  Menjelaskan Pengertian Evaluasi Hasil Belajar Siswa
63.  Menjelaskan Model-model Evaluasi Pembelajaran MI/SD
64.  Mendeskripsikan Konstruksi Butir Soal dalam Pembelajaran MI/SD
65.  Mendeskripsikan Maksud Analisis Butir Soal Yang Baik
66.  Menjelaskan Jenis-jenis Soal dalam Pembelajaran
67.  Menjelaskan Kelebihan Macam Butir Soal dalam Pembelajaran
68.  Menjelaskan Kekurangannya Macam Butir Soal dalam Pembelajaran
69.  Menjelaskan Apa Yang Dimaksud Tes Sebagai Alat Penilaian Belajar
70.  Menjelaskan Kegunaan Hasil Analisis Butir Soal 
71.  Menjelaskan Kemajuan dalam Proses Pembelajaran MI/SD
72.  Menjelaskan Hambatan dalam Proses Pembelajaran MI/SD
73.  Menjelaskan Pendidikan Agama Islam dalam Sorotan
74.  Menjelaskan Berbagai Kritik Terhadap Pendidikan Agama Islam
75.  Menjelaskan Peran Guru Pendidikan Agama Islam
76.  Menjelaskan Tehnik Mengatasi Persoalan dalam Proses Pembelajaran MI/SD
77.  Mendeskripsikan Pengertian Belajar
78.  Menjelaskan Beberapa Masalah dalam Belajar
79.  Menjelaskan Faktor Yang Menyebabkan Terjadinya Masalah Belajar
80.  Menjelaskan Pendekatan-pendekatan dalam Pembelajaran
81.  Menjelaskan Penciptaan Suasana Religious di Sekolah/ Madrasah/ Perguruan Tinggi
82.  Menjelaskan Pentingnya Suasana Religious di Sekolah/Perguruan Tinggi
83.  Menjelaskan Operasionalnya di Sekolah/ Madrasah/ Di Perguruan Tinggi
84.  Menjelaskan Beberapa Sikap Religius Manusia
85.  Mendeskripsikan Urgensi Penciptaan Suasana Religius Di Sekolah
86.  Menjelaskan Model-model Penciptaan Suasana Religius Di Sekolah
87.  Menjelaskan Posisi Penciptaan Suasana Religius
88.  Menjelaskan Urgensi Penciptaan Suasana Religius Di Sekolah/Perguruan Tinggi
89.  Menjelaskan Keprofesionalan Guru
90.  Mendeskripsikan Pengertian Guru Menurut UUD NO 14 Tahun 2005 Pasal 1 Bab 1
91.  Mendeskripsikan Pengertian Keprofesionalan Guru Menurut UU Tahun 2005 Ayat 4 Bab 1 pasal 1         
92.  Menjelaskan Prinsip Profesional Guru
93.  Menjelaskan Standar Kompetensi Guru dan Guru MI/SD
94.  Menjelaskan Hak dan Kewajiban Guru
95.  Menjelaskan Kode Etik Keguruan



Deskripsi Matakuliah        : Mata kuliah Desain Pembelajaran MI/SD merupakan mata kuliah yang harus diikuti oleh seluruh mahasiswa jurusan pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) sekolah tinggi Agama Islam (STAI) Auliaurrasyidin Tembilahan. Materi yang dibahas adalah mengenai hal-hal yang berkaitan dengan mendesain pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Pembahasan dalam materi ini meliputi: Desain pembelajaran MI/SD, Merumuskan rencana pembelajaran, mendesain tujuan pembelajaran MI/SD, mendesain materi pembelajaran MI/SD, menyusun silabus mata pelajaran, mendesain media pembelajaran MI/SD, mendesain strategi/model pembelajaran MI/SD, mengevaluasi hasil belajar siswa, mengkonstruksi butir soal dalam pembelajaran, menganalisis kemajuan dan hambatan dalam proses pembelajaran MI/SD, tehnik-tehnik mengatasi persoalan dalam proses pembelajaran, menganalisis penciptaan suasana religious di sekolaah/ madrasah/ perguruan tinggi, dan pengembangan profesionalisme guru.
Materi Pokok Perkuliahan       :
15.  Desain Pembelajaran MI/SD
-          Pengertian desain pembelajaran MI/SD
-          Pentingnya desain pembelajaran MI/SD
-          Langkah-langkah dalam mendesain pembelajaran
16.  Merumuskan Rencana Pembelajaran MI/SD
-          Pengertian dan konsep merumuskan rencana pembelajaran MI/SD
-          Dasar perlunya perencanaan pembelajaran MI/SD
-          Manfaat dan fungsi perencanaan pembelajaran
-          Kreteria penyusunan perencanaan  pembelajaran
-          Prinsip-Prinsip Umum Tentang Mengajar
17.  Desain Tujuan Pembelajaran MI/SD
-          Pengertian tujuan pembelajaran MI/SD
-          Fungsi tujuan pembelajaran
-          Hierarki Tujuan Pendidikan yang ada di Indonesia
-          Taksonomi Tujuan Pembelajaran
-          Kegunaan/perlunya merumuskan tujuan pembelajaran MI/SD
18.  Desain Materi Pembelajaran MI/SD
-          Langkah-langkah Standar kopetensi, Kopetensi dasar, dan Idikator pembelajaran MI/SD
-          Membuat Standar kopetensi, Kopetensi dasar, dan Idikator sesuai dengan materi MI/SD
-          Membuat RPP mata pelajaran MI/SD
19.  Penyusunan Silabus Mata Pelajaran MI/SD
-          Prinsip- Prinsip Pengembangan Silabus
-          Langkah- Langkah Pengembangan Silabus
-          Komponen silabus mata pelajaran MI/SD
-          Format penyajian silabus
-          Model-model penyajian silabus mata pelajaran MI/SD
20.  Desain Media Pembelajaran MI/SD
-          Pengertian media dalam pembelajaran MI/SD
-          Manfaat media pembelajaran MI/SD
-          Macam-macam media dalam pembelajaran dan cara menggunakan
21.  Desain Strategi/Model Pembelajaran MI/SD
-          Pengertian Hakikat mengajar
-          Kompetensi Yang  Harus Dimiliki  Guru MI/SD
-          Komponen pembelajaran
-          Teori-teori dalam belajar
-          Strategi Belajar Aktif Kreatif Inovatif dan Menyenangkan (MI/SDKEM) dalam pembelajaran
-          Landasan strategi belajar MI/SDKEM
-          Prinsip-prinsip MI/SDKEM dalam pembelajaran
-          Penerapan strategi pembelajaran MI/SDKEM
-          Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam melaksanakan MI/SDKEM
22.  Mengevaluasi Hasil Belajar Siswa
-          Pengertian evaluasi hasil belajar siswa
-          Model-model evaluasi pembelajaran MI/SD
23.  Konstruksi Butir Soal dalam Pembelajaran MI/SD
-          Maksud analisis butir soal yang baik
-          Jenis-jenis soal dan kelebihan dan kekurangannya
-          Apa yang dimaksud tes sebagai alat penilaian belajar
-          Kegunaan Hasil Analisis Butir Soal 
24.  Kemajuan dan Hambatan dalam Proses Pembelajaran MI/SD
-          Pendidikan agama islam dalam sorotan
-          Berbagai kritik terhadap Pendidikan Agama Islam
-          Peran guru Pendidikan Agama Islam
25.  Tehnik Mengatasi Persoalan dalam Proses Pembelajaran MI/SD
-          Pengertian Belajar
-          Beberapa masalah dalam belajar
-          Faktor yang menyebabkan terjadinya masalah belajar
-          Pendekatan-pendekatan dalam pembelajaran
26.  Penciptaan Suasana Religious Di Sekolah/ Madrasah/ Perguruan Tinggi
-          Pentingnya suasana religious di sekolah/perguruan tinggi
-          Operasionalnya di sekolah/ madrasah/ diperguruan tinggi
-          Beberapa Sikap religius Manusia
-          Urgensi penciptaan suasana religius disekolah
-          Model-model penciptaan suasana religius disekolah
-          Posisi penciptaan suasana religius
-          Urgensi penciptaan suasana religius di sekolah/perguruan tinggi
27.  Pengembangan Keprofesionalan Guru
-          Pengertian guru menuurut UUD No 14 Tahun 2005 Pasal 1 BAB 1
-          Pengertian keprofesionalan guru menurut UU Tahun 2005 Ayat 4 BAB 1 Pasal 1  
-          Prinsip profesional guru
-          Standar kompetensi guru dan guru MI/SD
-          Hak dan kewajiban guru
-          Kode etik keguruan

Pendekatan Pembelajaran       :  1.  Ceramah
                                                    2.  Diskusi
3.  Tanya Jawab
4.  Book Riview
                                               
Penilaian                                  : 
1.      Penilaian dilakukan oleh dosen dengan menggunakan kriteria sebagai berikut:

Interval Skor Nilai Angka (Skala 100)
Nilai
Poin
Range
A
4
80-100
B
3
70-79
C
2
60-69
D
1
50-59
E
0
00-49

2.      Dalam melakukan penilaian akan dilakukan pembobotan sebagai berikut:
a.       KIN (kinerja mahasiswa dalam perkuliahan     15%
b.      TTM (Tugas terstruktur dan tugas mandiri       30%
c.       UTS (Ujian tengah semester                              20%
d.      UAS (Ujuan akhir semester                               35%

Buku/Bahan Sumber.
            Wajib:                         
Abdul Majid, Perencana Pembalajaran,Bandung :PT Remaja Rosdakarya Offset, 2009
-----------------Belajar Dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam,(Bandung : PT Remaja RosdaKarya, 2012)
-----------------& Dian Andayani, (2004) Pendidikan Agama Islam Besbasis Kompetensi konsep dan Implementasi Kurikulum. 2004, Bandung: Rosda Karya.
Abuddin Nata.  Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana. 2009
Ali Imran. ManajemenPesertaDidikBerbasisSekolah. Jakarat: BumiAksara. 2012
Anas Sudijono, Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2005.
Asep Herry Hernawan, dkk. Pengembangan Kurikulum dan Pembela-jaran. Pusat Penerbitan Universitas Terbuka Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta. 2003
---------------Pengembangan Silabus dan Satuan Pembelajaran. Ma-kalah Pelatihan Pengembangan Kurikulum bagi Guru. Bandung. 2006
Azhar Arsyad, Media pembelajaran, Jakarta, PT Raja Grafindo Persada: 2012
Bermawi Munte, Desain Evaluasi Pembelajaran, Yogyakarta: Pustaka insan madani, 2009.
Budiman. Etika Profesi Guru. Yogyakarta: MENTARI PUSTAKA. 2012
Cece Wijaya dan Tabrani Rusyan, Kemampuan Dasar Guru Dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung:Remaja Rosdakarya, 1991.
Chabib Thoha. Teknik Evaluasi Penilaian. Jakarta: Rajawali. 1991
Dadang Sunandar, Iskandar Wassid, Strategi Pembelajaran Bahasa,  Bandung: PT Reaja Rosda Karya, 2011
Daryanto, Media Pembelaran , Yogyakarta, PT Gava Media: 2010
-----------Media Pembelajaran Peran Sangat Penting Dalam MencaMI/SD Tujuan Pembelajaran . yokyakarta: Gava Media, 2010
Departemen Pendidikan Nasional. Contoh Silabus Berdiversifikasi dan Penilaian Berbasis Kelas Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta. 2003.
Departemen Pendidikan Nasional. Pedoman Umum Pengembangan Silabus Berbasis Kom-petensi. Ditjen Dikdasmen. Jakarta. 2004.
Dewi Salma Dimyati, dkk., Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2002
Dick dan Cerrey. Perencanaan Pembelajaran, 2008
Djamarah, Syaiful Bahri danAswan Zain, Strategi Belajar Mengajar. 2006. Jakarta: Rineka Cipta.
Prawiradilaga. Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta:Kencana Prenada, 2007.
Endang Mulyatiningsih, Pembelajaran Aktif, Kreatif, Inovatif, Efektif, dan Menyenangkan. Depok : Direktorat jendral peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan, 2010.
E Mulyasa, Implementasi Kurikulum, cet. 1 (Bandung: PT Remaja Rosdakarya,2006)
-------------Kurikulum yang Menyempurnakan, Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2006.
-------------Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2008.
-------------Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung : Remaja RosdaKarya. 2008.
-------------Menjadi Guru Professional Menciptakan Penbelajaran Kreatif Dan Menyenangkan. Rosda. 2007.
Fred Percival dan Henry Ellington., A Hand Book of Educational Technology, Edisi ke I, 1984
Hartono, Dkk, MI/SDkem, Pekanbaru Riau: Zanafa, 2009
Harynto,warsono, Pembelajaran Aktif, Surabaya: PT Remaja Rosdakarya, 2012
Hamzah B uno, dkk, Desain Pembelajaran, Bandung:Publishing, 2010
-------------. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2009.
-------------Mohammad Nurdin, Belajar dengan Pendekatan MI/SDLKEM, Jakarta: Bumi Aksara, 2013.
Hizam zaini  dkk, Desain Pembelajaran Di Perguruan Tinggi, yogyakarta : IAIN sunan kali jaga, 2002.
Ismatu Ropi dkk, Buku Pengayaan Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP dan SMA, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2012.
Jauharoti Alfin, Rabiatul Adawiyah ,Yuentie Sova Puspidalia, dkk, Pembelajaran Bahasa Indonesia MI, Surabaya: LAPIS-PGMI, 2009.
Jensen, Eric, Brain-Based Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar,2008.
Jerold E., Kemp. Ed. D. Instructional Design, A Plan for Unit and Course Development, Edisi ke II. Th. 1977
Muhaimin. Paradigma Pendidikan Islam: PT Remaja Rosda Karya 2001
--------------Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jakarta:RAJA GRAFINDO PERSADA. 2010
--------------Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi. Jakarta: PT RAJAGRAFINDO PERSADA. 2007.
Muhaimin, dkk, Strategi Belajar Mengajar Penerapannya dalam Pembelajaran Pendidikan Agama, Surabaya: Citra Media, 1996;
----------dkk. Pengembangan Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Pada Sekolah & Madrasah, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. 2008
Muhammad Yaumi, Prinsip-prinsip Desain Pembelajaran, Jakarta : Kencana Prenadamedia Group, 2011.
Moh. Murtadho, dkk, Pengembangan PKN MI, Surabaya: Lapis- PGMI, 2009.
Nana Sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, (PT Remaja Rosdakarya,Bandung) 2006.
Nasution, “Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar“ Jakarta: Bumi Aksar, 2000.
Nurkancana, Wayan. Sumartana. Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional,1983.
Ngalim Purwanto. Prinsip-prinsip dan teknik Evaluasi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.
Oemar Hamalik. Teknik Pengukuran dan Evaluasi Pendidikan. Bandung: Mandar Maju, 1989.
Pupuh Fathurrohman dan Sobry Sutikno “Strategi Belajar Mengajar” cet 4 Jakarta: Rafika Aditama, 2004.
Reigeluth. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Kencana. 1983.
Robert F. Mager, Preparing Instructional Objectives, Edisi II,1975.
Sadiman, Arief S.dkk. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta Rajawali pers, 2009.
Syaiful Bahri Djamarah, Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
Sahlan, Asmaun, Mewujudkan Budaya Religius di Sekolah: Upaya Mengembangkan MI/SD dari Teori ke Aksi, Malang: UIN Maliki Press, 2010.
Santi Maudiarti Dkk, Prinsip Disain Pembelajaran, Jakarta: Kencan, 2007.
Sudiyono, dkk. (2006), Strategi Pembelajaran Partisipasi di Perguruan Tinggi. (Malang:UIN Malang Press
Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: PT. Rineka Cipta, Cet. Keempat. 2003.
------------Proses Belajar Mengajar Dalam Sistem kredit semester. Salatiga : Bumi Aksara. 1990.
Suyadi, Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.
Suharsimi Arikunto. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara, 1989.
Sukmadinata, Nana Syaodih. Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Penerbit Remaja Rosdakarya. 2004.
Trianto, Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik, Cet- 1 Jakarta: Kencana, 2011.
-----------Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif,Prenada MediaGroup,Jakarta, 2009.
Udin Syaefudin, Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2009.
Wina Sanjaya, Media Komunikasi Pembelajaran: Kencana Prenamed   Group, Jakarta. 2012.
-------------Perencanaan dan Desain sistem pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group, 2008.
-----------Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenadamsedia Group. 2006.
Yaumi Muhammad, Prinsip-prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta : Kencana, 2013.

Anjuran:
UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.





Mengetahui;                                                                            Tembilahan,    Desember  2019
Ketua Program Studi PGMI                                                   Dosen Pengampu Matakuliah,



Dr. Masriani, M.Pd.I                                                               Abdul Rasyid, M.Pd.I.
NIDN.2124127401                                                                 NUPN. 9921011904

Tidak ada komentar:

Posting Komentar